20 Daftar Istilah Dalam SEO Marketing Yang Perlu Diketahui

Hallo sob, kali ini admin akan membagikan 20 Daftar Istilah Dalam SEO Marketing Yang Perlu Diketahui nih. Yuk! Simak ulasannya sebagai berikut.

SEO (Search Engine Optimization) merupakan sebuah upaya optimasi untuk meningkatkan sebuah trafik sebuah website.

Adapun istilah-istilah yang perlu dipahami dalam penerapannya, walaupun tidak semua berikut ini akan dijelaskan mengenai apa saja istilah dalam SEO, yang banyak dipakai oleh kalangan blogger agar lebih mengenal SEO.

20 Daftar Istilah Dalam SEO Marketing Yang Perlu Diketahui | blog.moegnzone.com

Berikut merupakan istilah-istilah dalam SEO (Search Engine Optimization) Yang Perlu Diketahui.


1. Adsense Google
Adsense merupakan fitur iklan online yang dimiliki Google. Jika sebuah blog sudah memenuhi syarat sebagai publiser iklan, maka Google Adsense akan membayar kita ketika sebuah banner iklan di pasang pada blog website kita.

Google akan membayar berdasarkan jumlah klik pada iklan teks atau gambar yang ditampilkan.

2. AdWord
AdWord merupakan fitur iklan online yang juga dimiliki oleh Google, dengan sistem memasang iklan (advertiser) akan dikenakan biaya berdasarkan biaya sistem pay-per-click (CPC).

Iklan yang dipasang tersebut akan ditampilkan secara kontekstual dan tertarget pada media (website, blog, email, feed, dll) yang disediakan oleh penerbit Adsense.

3. Akismet
Akismet adalah fitur tambahan yang dimiliki oleh Wordpress, yang fungsinya untuk mencegah spam. Fitur ini akan otomatis terinstal saat kita menginstal Wordpress.

4. Alexa
Alexa adalah merupakan suatu lembaga dalam bidang internet yang merekam trafik kegiatan pada keseluruhan website blog.

Peringkat yang dikeluarkan oleh alexa menjadi patokan para blogger, semakin rendah nilai alexa maka semakin tinggi trafik yang dimiliki website tersebut.

5. Atom
Atom adalah salah satu bentuk berlangganan feed sebuah website. Atom akan muncul sebagai alternatif untuk RSS, yang memungkinkan seseorang mendapatkan update konten terbaru dari sebuah website.

6. Anchor Text
Anchor Text merupakan istilah untuk sebuah teks (kata atau kalimat) yang sering digunakan sebagai link/backlink. Anchor text ini merupakan bagian penting juga dalam SEO.

7. Backlink
Backlink adalah sebuah link/hyperlink pada suatu halaman website yang mengarah ke website lain, baik itu mengarah ke homepage ataupun halamam lainnya. Semakin banyak backlink yang diterima maka semakin tinggi nilai website tersebut.

8. Blog
Blog adalah salah satu jenis website/halaman web. Pada dasarnya blog adalah berupa tulisan artikel, diary, jurnal online yang terdiri atas kumpulan artikel pendek (post) dan tersusun secara kronologis berdadarkan tanggal atau kategori.

9. Blogger
Blogger ialah orang atau pemilik dari sebuah blog. Blogger juga merupakan sebuah nama platform blog plus hosting gratis milik Google (blogger.com).

10. Blogging
Blogging dapat diterjemahkan secara luas menjadi segala sesuatu yang berhubungan dengan aktivitas dunia blog.

11. Blogspot
Blogspot sering digunakan untuk penyebutan platform blog gratis milik Google yaitu Blogger.com.
Hal tersebut muncul karena mengacu pada domain.blogspot yang tertuang pada setiap domain blog di situs blogger.com.

12. Bounce Rate
Baunce Rate merupakan suatu metrik dalam analisis suatu website yang mengacu pada tingkat pantulan pengunjung sebuah website.

13. Broken Link
Broken Link adalah link disuatu website yang sudah expired atau tidak berguna lagi karena tidak mengarah ke halaman web manapun. Jenis link seperti linl seperti ini sangay dihindari para blogger karena berpengaruh pada kualitas webiste atau blog.

14. CMS (Content Management System)
CMS merupakan singkatan dari Content Management System, yaitu suatu software untuk membangun dan mengembangkan website mulai dari desain, pengolahan data, integrasi dengan hosting dan sebagainya. Beberapa CMS yang populer adalah Wordpress, Joomla, Drupal, dan lainnya.

15. CPA (Cost per Action)
CPA merupakan sistem periklanam online, pemasang iklan mengeluarkan biaya berdasarkan jumlah pengunjung yang melakukan sebuah aksi tertentu, seperti membeli produk, melakukan register, dan lainnya. Bisnis Afiliasi umumnya melakukan sistem CPA.

16. CPC (Cost per Click)
CPC merupakan sistem periklanan online, pemasang iklan mengeluarkan biaya berdasarkan jumlah klik pada iklan yang mereka pasang. Iklan itu sendiri biasanya mengarah pada website atau halaman produk atau jasa milik pemasang iklan.

17. CPM
CPM atau Cost per Mile adalah suatu bayaran setiap 1000 page view pada sebuah website, dari artinya juga sudah terlihat Mile berarti 1000.

CPM ini merupakan salah satu bentuk periklanan online, pemasang iklan mengeluarkan biaya untuk setiap 1000 page view pada iklan yang di pasang di sebuah website.

18. Meta Tag
Meta Tag adalah sebuah kode HTML yang terletak dibagian <head>.  Kode dari meta tag tidak akan muncul pada browser, karena penggunaan meta tag berfungsi untuk memberitahu informasi tambahan kepada mesin pencari mengenai suatu halaman web.

Contohnya yaitu meta description, meta keyword, maupun meta tag lain yang digunakan sebagai identifier kepemilikan sebuah website.

19. PageRank
PageRank merupakan sebuah indikator sistem peringkat yang dikeluarkan oleh Google, peringkat ini memiliki nilai 0-10.

Dalam menentukan peringkat Google PageRank menggunakan sebuah algoritma yang sangat kompleks, hingga dibahas secara luas dalam dunia blogging. Poin penting yang harus dicatat yaitu semakin banyak link yang mengarah pada website kita, maka semakin bagus juga tingkat kepentingan web kita di mata Google.

20. SERP
SERP atau Search Engine Result Page merupakan halaman yang menampilkan daftar dari hasil pencarian pada sebuah mesin pencari.

Sekian merupakan penjelasan mengenai 20 Daftar Istilah Dalam SEO Marketing Yang Perlu Diketahui. Mohon maaf jika ada kekurangan, sejujurnya admin sendiri masih perlu belajar banyak. Jika ada koreksi maupun penambahan silahkan tinggalkan dikolom komentar. Terima kasih :)

0 Response to "20 Daftar Istilah Dalam SEO Marketing Yang Perlu Diketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel