Apa itu SEO, Beserta Sejarah dan Perkembangannya

Dunia internet terus berkembang dan update, semua orang kini tidak hanya memanfaatkan internet hanya untuk fun saja. Namun, dapat juga dijadikan sebagai sarana untuk mendapatkan income berupa materi.

Salah satunya dengan memiliki blog. Blog merupakan sebuah website sederhana yang mampu memuat berbagai konten yang diciptakan, baik berupa teks artikel maupun gambar.
Dalam blog yang di kelola, Kita bisa memuat berbagai artikel yang bersifat proaktif, sehingga banyak orang yang dapat melihat iklan yang Kita pajang di blog dan produk yang dipasarkan akan semakin laris.

Yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana membuat website kita semakin banyak dikunjungi oleh pengguna internet? Banyak orang bilang dengan memakai teknik SEO.


Apa itu SEO, Beserta Sejarah dan Perkembangannya | blog.moegnzone.com

Apa itu SEO?


SEO (Search Engine Optimization) merupakan teknik untuk meningkatkan performa dari sebuah website agar memiliki peringkat yang tinggi pada halaman hasil pencarian mesin pencari atau yang dikenal SERP (Search Engine Results Page).

Hal ini dilakukan untuk memaksimalkan trafik organik ke situs tersebut, baik itu sebuah website statis maupun blog.

Selain mendapatkan sebuah trafic organik, dengan mengoptimasi SEO akan membantu dalam penargetan visitor yang relevan.

Cara Kerja SEO


Lalu, Bagaimana mesin pencari Google menentukan peringkat website/blog?
Tentunya setiap mesin pencari mengunakan cara tertentu untuk menentukan peringkat pada sebuah website, biasanya terdapat sebuah algoritma yang dapat memilih konten mana yang layak untuk menempati ranking pertama hasil pencarian. Semua mesin mencari baik Google, Bing, Yahoo!, maupun Duckduckgo pastinya memberlakukan hal tersebut.

Untuk Google sendiri cara kerjanya yaitu mengunjungi situs website dengan menggunakan program otomatis, yaitu robot atau spider.

Google nantinya menambahkan halaman blog kita ke indeks data base-nya, jika sudah terdapat minimal satu halaman secara otomatis.

Google juga me-listing hasil pencarian suatu keyword berdasarkan website/blog yang relevan. Relevansi bergantung pada seberapa baik kecocokan halaman tersebut dengan keyword pencarian.

Sejarah dan Perkembangan SEO (Search Engine Optimization)


SEO (Search Engine Optimization) merupakan sebuah teknik yang bertujuan untuk meningkatkan sebuah peringkat yang tinggi pada halaman hasil pencarian mesin pencari yang dikenal dengan SERP (Search Engine Results Page).

Istilah Search Engine Optimization (SEO) pertama kali dikemukakan karena adanya muncul virus spam yang telah menyusup ke Usenet.

Pada waktu itu, dalam dunia internet belum memiliki sistem search engine atau mesin pencari yang canggih seperti sekarang ini, sehingga mudah dimanipulasi oleh para hacker.

Oleh karena itu, banyak programer yang berlomba untuk membuat algoritma sistem pencarian data, yang berdasarkan sepenuhnya pada informasi meta tag yang didasarkan sepenuhnya pada informasi meta tag dari kode html sebuah situs web. Meta tag menyediakan informasi tentang konten yang terkandung pada suatu halaman web, dengan rangkaian kata kunci (keyword).

Namun, ada beberapa programer yang melakukan tindakan ilegal yang tidak menuliskan keyword yang relevan dengan konten situs yang sesungguhnya, akibatnya mesin pencari salah dalam memberikan peringkat pada situs tersebut.

Tentunya semua itu menyebabkan kerugian bagi pengguna internet yang mengharap informasi yang relevan.

Seiring berjalan waktu, dua orang pendiri Google yang bernama Larry Page dan Sergey Brin mencoba memecahkah masalah tersebut. Mereka membangun sebuah Bacrub, yaitu mesin pencari sederhana mengandalkan perhitungan matematika untuk membuat sebuah rank sebuah halaman web.
Yang dimana algoritma tersebut dinamakan PageRank, mampu menjalankan fungsi matematika yang kompleks untuk menghitung jumlah dari link yang mengarah pada suatu halaman website dengan cara menganalisis kualitas masing-masing link tersebut.

Backrub merupakan cikal bakal dari Google saat ini, pada tahun 1998, Page dan Brin mengupgrade Backrub dan merubah nama menjadi Google. Dalam waktu yang singkat, google memperoleh reputasi dan kepercayaan dari publik khususnya pengguna internet karena mampu menyajikan hasil pencarian yang berkualitas (tidak dimanipulasi), cepat, dan relevan.

Kemudian PageRank menjadi standar, baik untuk mesin pencari lain maupun bagi webmaster yang berusaha agar situs webnya memperoleh nialai PageRank tertinggi di hasil pencarian.

Keuntuntungan Menggunakan SEO


Tentunya jika kita menggunakan SEO dan menerapkan teknik SEO dalam blog/website banyak sekali keuntungan yang diperoleh, diantaranya sebagi berikut ini :

1. Jumlah Visitor Blog / Website Akan Meningkat
Walau konten website/blog mempunyai banyak konten yang berkualitas, tapi minim pengunjung itu semua akan sia-sia.

Jika saja setiap hari dapat 50 visitor baru yang mengunjungi website kita, berarti dalam 1 tahun bisa mendapatkan ribuan orang yang sudah mengunjungi blog kita.

2. Website Jadi Terkenal
Jika website sudah terkenal, tentu akan sangat mudah bagi kita untuk melakukan promosi produk-produk yang ingin dipasarkan. Sudah tidak perlu lagi mencari konsumen, tetapi konsumenlah yang mendatangi.

3. Dapat Menghasilkan Uang
Jika website yang selama ini dikelola sudah memiliki banyak visitor, tentu nantinya bisa menerapkan fitur PPC (Pay per Click) dalam blog kita.

Melalui PPC kita akan mendapatkan income dari sebuah pengunjung yang melakukan klik pada iklan banner yang dipasang.

Pihak yang membayar tersebut ialah orang yang setuju untuk memesang iklan pada website.


Sekian merupakan penjelasan mengenai Apa itu SEO, Beserta Sejarah dan Perkembangannya
Mohon maaf jika ada kekurangan, sejujurnya saya sendiri masih perlu belajar. Jika ada koreksi maupun penambahan silahkan tinggalkan dikolom komentar. :)

0 Response to "Apa itu SEO, Beserta Sejarah dan Perkembangannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel